Kelebihan dan Kekurangan Belajar di Australia

//Kelebihan dan Kekurangan Belajar di Australia

Kelebihan dan Kekurangan Belajar di Australia

Kelebihan dan Kekurangan Belajar di Australia

Gambar oleh Patty Jansen dari Pixabay

Australia adalah salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang terbaik di dunia. Hal tersebut membuat beberapa orang memiliki ketertarikan untuk belajar dan mencari pengalaman belajar di Australia. Setidaknya terdapat 8 universitas di Australia yang masuk ke dalam 150 universitas terbaik di dunia. Selain karena kampus dengan kualitas belajar tingkat dunia, terdapat beberapa hal lain yang juga mendorong sebagian orang untuk menempuh pendidikan di sana.

            Pilihan untuk belajar di Australia memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun apabila ditanggapi dengan baik, kelebihan dan kekurangan tersebut dapat menjadi sebuah kekuatan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Kelebihan

  1. Kualitas pendidikan Australia dan suasana belajar berkelas internasional

Pendidikan di Australia mengutamakan kemampuan pelajar, sehingga hasil studi yang diperoleh murni menunjukkan kemampuan pelajar tersebut. Beberapa kampus di Australia termasuk ke dalam 150 universitas terbaik di dunia. Universitas di Australia juga memiliki standar CRICOS atau kualifikasi internasional, yang memberikan kesempatan bagi lulusan universitas tersebut untuk diakui oleh banyak negara, baik untuk melanjutkan pendidikan atau untuk bekerja.

  1. Fasilitas riset yang memadai

Bagi beberapa pelajar yang membidangi science, fasilitas riset merupakan hal yang sangat penting ketika menempuh pendidikan tinggi. Fasilitas yang mendukung dapat menghasilkan inovasi yang lebih baik untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

  1. Memperoleh pengalaman bekerja

Pelajar yang menempuh pendidikan di Australia diberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman bekerja part-time ketika sedang menempuh pendidikan di sana. Pelajar dapat merasakan bekerja part-time selama 40 jam per 2 minggu dan tidak terbatas apabila pada masa libur. Penghasilan yang diperoleh dari bekerja pasrt-time bisa mencapai $AUD 15 – $AUD 25.

  1. Kesempatan membangun jaringan internasional

Pelajar internasional di Australia berasal dari berbagai negara di dunia. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun jaringan internasional yang dapat membantu pelajar meningkatkan kualitas diri.

  1. Kesempatan untuk bekerja di Australia

Lulusan universitas di Australia yaitu S1/S2/S3 dapat tinggal selama beberapa tahun di Australia, tergantung pada tingkat pendidikan yang ditempuh. Lulusan diploma untuk beberapa jurursan tertentu juga dapat tinggal beberapa tahun di Australia. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi pelajar yang telah lulus untuk mencari pengalaman kerja atau untuk memulai bisnis di Australia.

            Selain keuntungan-keuntungan tersebut, terdapat beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan apabila menempuh pendidikan di Australia. Namun untuk medapatkan keuntungan tersebut, perlu dicermati kekurangan yang akan diperoleh agar dapat mengantisipasi hal-hal tidak terduga yang mungkin akan terjadi.

Kekurangan

  1. Jauh dari Keluarga

Bagi pelajar yang terbiasa hidup bersama keluarga, pilihan untuk belajar di Australia dapat menjadi pilihan yang berat untuk dilalui. Keadaan yang jauh dari orang tua menuntut pelajar agar bisa lebih mandiri dan siap pada berbagai keadaan yang harus dihadapi sendiri meskipun tinggal dengan saudara ketika belajar di Australia. Namun, pengalaman merantau akan membuat pelajar menjadi lebih dewasa dalam menghadapi berbagai situasi.

  1. Biaya yang Tidak Murah

Untuk beberapa kalangan, mungkin biaya yang harus dikeluarkan ketika menempuh pendidikan di Australia tidak murah. Biaya tersebut berbeda pada berbagai tingkat pendidikan dan harus terjamin keberadaannya sebelum memulai pendidikan di sana. Biaya tersebut harus mengendap selama 3 bulan sebelum visa dibuat, sehingga bagi beberapa kalangan hal tersebut mungkin sulit untuk dipenuhi. Namun, biaya tersebut dapat diatasi dengan adanya sponsor atau melalui berbagai program beasiswa yang ada.

  1. Iklim yang Berbeda dengan Indonesia

Indonesia adalah negara tropis dengan suhu yang bersahabat bagi kita orang Indonesia. Pilihan untuk menempuh pendidikan di Australia tentunya bagi sebagian orang mungkin beresiko karena adanya perbedaan suhu. Bagi beberapa orang dengan penyakit tertentu, sangat rentan terhadap perubahan suhu, baik panas maupun dingin. Namun apabila tekad telah bulat untuk menempuh pendidikan di Australia, keadaan itu mungkin dapat diatasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan jauh sebelum berangkat ke Australia sehingga pencegahan terhadap penyakit dapat dilakukan.

  1. Biaya Hidup Cukup Tinggi

Biaya hidup di Australia cukup tinggi. Biaya tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, transportasi, dan akomodasi. Namun keadaan tersebut dapat diatasi dengan perencaan yang tepat. Biaya untuk kebutuhan sehari-hari misalnya, dapat diatasi dengan memasak sendiri atau selektif dalam memilih tempat berbelanja. Sedangkan biaya untuk transportasi dapat diatasi dengan menggunakan kendaraan umum.

            Setiap kekurangan yang mungkin dihadapi ketika belajar di Australia dapat diatasi dengan baik, apabila telah melakukan perencaan dengan tepat dan memiliki mental yang siap untuk menghadapi berbagai tantangan. Kekurangan-kekurangan tersebut dapat menjadi kekuatan, sehingga keuntungan yang diperoleh dapat lebih maksimal.

Nah, itulah tadi kelebihan dan kekurangan kuliah di Australia. Untuk kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Australia, bisa langsung menghubungi kami di education ONE. Jangan lupa tunggu informasi lainnya dari kami ya!

By |2020-01-09T01:40:06+00:00December 6th, 2017|Blog|0 Comments

Leave A Comment