Antara Pendidikan Australia dan Indonesia

//Antara Pendidikan Australia dan Indonesia

Antara Pendidikan Australia dan Indonesia

Sumber : https://unsplash.com/photos/6jYoil2GhVk

Setiap negara pastinya mempunyai kebijakan masing-masing dalam sistem pendidikan yang dianutnya. Ternyata banyak perbandingan antara sistem pendidikan di Australia dan Indonesia, selain dari jenjang pendidikan tentunya. Mau tahu apa saja perbandingan sistem pendidikan di Australia dan Indonesia? Yuk simak berikut ini.

Bobot dan Tingkat Kesulitan Materi

Di Indonesia kelas 2 SD sudah mendapatkan banyak pelajaran, berbagai pekerjaan rumah yang rumit serta ujian. Di Australia kelas 1- 2 di Australia yang belum diwajibkan membaca. Pendidikan dasar di Australia lebih ditekankan sebagai fondasi untuk belajar mengenali diri sendiri, lingkungan serta pengembangan sikap. Lebih baik diterapkan dibandingkan teori. Maka dari itu, tak heran jika di Australia sering terlihat siswa Primary School yang tengah melakukan kegiatan di luar kelas. Bisa kita lihat dari bobot dan tingkat kesulitan materi pelajaran, standar pendidikan dasar di Indonesia ternyata jauh lebih tinggi.

Penilaian (Assessment)

Dalam bidang penilaian, Australia berbeda dengan Indonesia yang mewajibkan para siswa menempuh ujian sebagai persyaratan untuk naik kelas. Di sana tidak ada siswa yang tidak naik kelas. Namun terdapat ujian nasional seperti UAN, yang disebut dengan NAPLAN (National Assessment Program Literacy and Numeracy), yaitu tes nasional serentak di Australia untuk kemampuan membaca, menulis, dan menghitung sebagai persiapan memasuki Year 10 atau setara dengan kelas 1 SMU.

Pemberian Reward

Pemberian reward atau penghargaan ini cukup menarik. Siswa sekolah dasar di Australia yang berbuat baik dan mempunyai keberanian positif akan diberikan reward berupa sertifikat, yang nantinya jika terkumpul akan diumumkan di acara assembly, yaitu acara dwi mingguan untuk pengembangan bakat dan seni siswa. Jangan salah, pada school award dan rapor ditulis pula pencapaian atau prestasi yang telah dilakukan oleh anak didik. Di sini terlihat bahwa pengembangan karakter dan kecerdasan emosi sangat ditekankan di pendidikan dasar. Maka dari itu, penilaian rapor siswa di Australia berbentuk narasi, bukan angka seperti yang terdapat di sekolah di Indonesia.

Suasana Belajar

Suasana belajar di sekolah-sekolah dasar di Australia terlihat lebih kondusif dibanding di sini. Dengan jumlah siswa di dalam kelas yang tidak lebih dari 20 siswa. Dan terdapat media, kumpulan portofolio, dan alat peraga yang lengkap, serta dinding kelas yang ramai dengan hasil karya anak didik. Hal ini jarang terlihat di kelas-kelas di sekolah di Indonesia yang notabene lebih memilih untuk tetap ‘bersih’, serta kurang media dan alat peraga yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Tenaga Pendidik

Dari segi tenaga pendidik, Australia terlihat lebih disiplin. Para guru diwajibkan untuk datang ke kelas lebih awal sebelum murid masuk. Namun, tampaknya untuk hal ini Indonesia sedang ikut mengimbangi kedisiplinan tersebut. Jadi tidak ada perbedaan yang mencolok.

Mata Pelajaran Agama

Berbeda dengan sekolah di Indonesia yang dalam tiap jenjangnya memiliki pendidikan agama. Sekolah-sekolah di Australia sangat disayangkan tidak menyediakannya sebagai bahan pengajaran.

Nah, itu tadi penjelasan tentang perbandingan sistem pendidikan di Australia dan Indonesia. Sudah paham kan apa saja perbandingannya? Tentunya dengan berbedanya sistem pendidikan tersebut, pasti ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tertarik untuk melanjutkan studi ke Australia, yuk segera konsultasikan dirimu ke Education ONE.

By |2018-02-07T08:36:13+00:00December 6th, 2017|Blog|0 Comments

Leave A Comment