Ternyata Bahasa Indonesia Populer Banget di Australia

//Ternyata Bahasa Indonesia Populer Banget di Australia

Ternyata Bahasa Indonesia Populer Banget di Australia

Australia tidak hanya terkenal sebagai tujuan wisata bagi para turis, namun juga menjadi negara yang diminati banyak pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu. Salah satu alasannya, karena Australia memiliki beberapa universitas yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia. Kota-kota seperti Melbourne, Sydney, Canberra, Brisbane, Adelaide, dan Perth adalah kota-kota favorit pelajar Indonesia di Australia.

Sekarang ini banyak masyarakat Australia yang fasih berbicara Bahasa Indonesia sehingga bisa menjadi sarana untuk mempererat dan mempromosikan kerjasama kedua negara.

Kemampuan berbahasa Indonesia yang dimiliki karena mereka pernah tinggal di Indonesia  dan mengikuti program pertukaran pemuda dan mahasiswa, seperti Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), Australian Consortium for In-Country Indonesian Studies (ACICIS), New Colombo Plan (NCP) hingga mengikuti tugas orangtua dan bersekolah di Indonesia.

aiya

Picture belongs to © 2016 Australia Indonesia Institute.

Oiya di Canberra, Ibu Kota Australia terdapat Australia-Indonesia Youth Association  atau yang disingkat (AIYA) yang didirikan oleh anak-anak muda Australia yang berdedikasi, fasih berbahasa Indonesia dan sangat mencintai Indonesia. Organisasi itu adalah sebagai tempat berkreasi remaja Australia berusia 18-30 tahun dalam mempererat dan mempromosikan kerjasama antar pemuda Australia dan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan, budaya, bahasa Indonesia dan dunia usaha. Hal-hal tersebut sesuai dengan motto mereka, yakni Connecting-Informing-Inspiring.

Selain itu banyak juga alasan lain kenapa mereka bisa fasih berbahasa Indonesia lho! Bahasa Indonesia semakin populer di sekolah-sekolah Australia Barat. Ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam hal ini. Pertama, Departemen Pendidikan Australia Barat (EDWA) saat ini sedang menerapkan sebuah kebijakan, yaitu “LOTE 2000”, yang bertujuan untuk sangat meningkatkan jumlah siswa sekolah yang belajar bahasa asing. Ada 12 bahasa yang mempromosikan EDWA, namun terserah pada masing-masing sekolah untuk memutuskan bahasa atau bahasa asing mana yang bakal mereka tawarkan. Bahasa Indonesia telah terbukti menjadi pilihan populer karena berbagai alasan. Hal ini dianggap sebagai bahasa yang “mudah dipelajari”, karena menggunakan naskah Romawi, dan ditulis secara fonetis. Selain itu, orang Australia mulai merasakan perlunya hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia. Kami adalah negara yang hanya memiliki 18 juta orang – Indonesia memiliki lebih dari 200 juta jiwa meningkat antara kedua negara, dan setiap tahun ribuan pelajar Indonesia datang untuk belajar di Australia, khususnya di Western Australia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang tumbuh paling cepat disana, dalam hal jumlah siswa yang mempelajarinya. Pada tahun 1994, kurang dari 50 sekolah menawarkan Bahasa Indonesia sebagai pilihan subjek. Baru tiga tahun kemudian, pada tahun 1997, jumlah sekolah yang menawarkan Bahasa Indonesia hampir tiga kali lipat. Tahun lalu, bahasa Indonesia dipelajari oleh 30.351 siswa di sekolah-sekolah Pemerintah. Sekarang kedua setelah Italia, yang memiliki 33.741 siswa tahun lalu (ingat, Australia memiliki banyak orang keturunan dari Italia yang tinggal di sini ternyata). Saat ini Bahasa Indonesia memiliki lebih banyak siswa daripada bahasa Jepang atau Prancis, dua bahasa paling populer berikutnya.

Nah, udah enggak ragu lagi kan untuk kuliah di Australia karena kalian juga bisa menemukan orang-orang yang fasih berbahasa Indonesia, dan banyak pelajar Indonesia disana yang bangga akan hal tersebut! Maka karena itu jangan lupa untuk follow @educationone untuk info update dan memilih education ONE sebagai agen terpecaya kalian yang akan membantu kalian mengurus kuliah disana ya!

By |2017-08-22T03:51:02+00:00August 1st, 2017|Blog|0 Comments

Leave A Comment